Cara Alami Mengobati Skiatika

Skiatika adalah nyeri panggul yang bisa disebabkan oleh saraf kejepit, atau masalah lain seperti iritasi dan tekanan pada saraf panggul. Apapun penyebab sakit pinggul dan berefek pada timbulnya skiatika, rasa nyeri ini bisa menyebabkan kesulitan berdiri atau duduk, mati rasa dan melemahnya kaki bagian bawah hingga jari-jari kaki.

Gerak penderita skiatika akan terbatas karena gejala nyeri panggul yang dialami, berbagai kegiatan akan terganggu karena penderita akan mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dan sulit menemukan posisi rasa nyaman.

Rasa nyeri ini juga bisa terjadi karena jatuh atau kecelakaan, kehamilan, stenosis tulang belakang, spondylolisthesis isthmic dan sindrom piriformis. Berikut ini Cara alami mengobati skiatika yang bisa Anda lakukan.

Mengistirahatkan Punggung

Satu atau dua hari pertama sejak terkena skiatika, sebaiknya anda mulai beristirahat. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit sehingga otot bisa rileks dan menghindari agitasi saraf skiatika akibat terlalu banyak beraktivitas.

Meskipun penting untuk tetap aktif setelah periode istirahat awal, berhati-hatilah jangan mengagitasi saraf skiatika Anda. Hindari aktivitas berat seperti mengangkat benda berat atau memutar punggung dengan tajam.

Kompres Dingin

Cara alami mengobati skiatika yang selanjutnya yaitu dengan kompres dingin. Sebagian besar pasien menyatakan bahwa terapi dingin sangat efektif untuk meredakan nyeri skiatika. Berikan pak es ke lokasi yang terkena skiatika selama 20 menit dan ulangi per dua jam.

Pastikan untuk membungkus es dengan kain atau handuk. Kulit akan iritasi jika es ditempelkan secara langsung ke kulit.

Peregangan Otot

peregangan bisa membantu menyembuhkan otot dan memperkuatnya untuk menghindari kerusakan lebih parah. Usahakan untuk selalu melakukan peregangan pada otot piriformis yaitu otot di kaki yang membujur sejajar dengan saraf skiatika hal ini dilakukan untuk meredakan ketegangan pada sarafnya.

Aerobik air adalah cara tepat karena berefek samping rendah. Ketegangan pada sendi akan berkurang dan perkembangan otot normal akan terjadi. Aerobik air juga diyakini bisa memberi dukungan kuat pada saraf skiatika.

Menggunakan Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan merupakan pengobatan alami yang efektif untuk skiatika. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan saraf.

Haluskan kunyit dan ambil sarinya sebanyak 1 sendok teh ke dalam segelas susu dan masukkan kayu manis, kemudian rebus dan minum sehari 1-2 kali sampai gejala mereda.

Itulah beberapa cara alami mengobati skiatika yang bisa Anda lakukan. Namun perlu di ingat, pengobatan apapun yang dilakukan harus dalam pengawasan dokter dan tenaga ahli profesional.

Semoga Lekas Sembuh dan Salam Sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *