Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Cara mengatasi sesak napas secara alami dan tanpa obat sebenarnya sangat mudah dilakukan. Perlu diperhatikan, metode ini tidak bisa menyembuhkan penyebab sesak, jadi jika terdapat penyakit penyerta penyebab sesak napas Anda tetap perlu mendapatkan pengobatan.

Sesak napas atau kesulitan bernapas bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu seperti gangguan pada paru-paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), kanker paru-paru, stroke, obesitas, anemia, emboli paru, efusi pleura, dan kondisi medis lainnya.

Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Sebagian orang mengalami sesak napas dalam waktu singkat, namun sebagian lainnya mengalami dalam jangka panjang, hingga berminggu-minggu. Apabila sesak napas yang Anda alami bukan karena kondisi darurat medis, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengatasi sesak napas tanpa harus menggunakan obat-obatan:

  • Pursed-lip Breathing

Teknik ini membantu memperlambat laju pernapasan Anda, yang membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Anda bisa melakukannya kapan saja saat mengalami sesak napas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda atau meniki tangga.

Caranya dengan merelaksasikan otot leher dan bahu Anda. Tutup mulut Anda saat menghirup dan ambil napas pelan-pelan melalui hidung dalam dua hitungan, dan buang napas perlahan melalui mulut sampai hitungan keempat.

  • Duduk dengan Posisi ke Depan dan Sedikit Membungkuk

Istirahat sambil duduk bisa membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat pernasapan menjadi lebih mudah. Duduklah dikursi dengan telapak kaki menapak lantai, condongkan dada sedikit ke depan. Perlahan letakkan siku di lutut atau menahan dagu dengan tangan. Otot leher dan bahu harus tetap rilekas.

Posisi duduk seperti ini juga bisa Anda lakukan dengan bertumpu pada meja, istirahatkan lengan dan kepala Anda di menja , jangan lupa untuk menggunakan bantal sebagai penyangga kepala Anda agar posisi lebih nyaman.

  • Berdiri Menyandar Dinding

Berdiri menyandar pada dinding atau lainnya bisa turut membantu merilekskan tubuh dan saluran pernapasan Anda. Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul. Jaga agar kaki terbuka selebar bahu dan tangan berada disamping kedua paha. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan. Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan bertumpu pada meja dan merilekskan otot leher dan bahu Anda.

  • Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma bisa menjadi cara mengatasi sesak napas. Caranya Anda cukup duduk di kursi kemudian rilekskan lutut, bahu, kepala dan leher. Letakan satu tangan di depan perut dan satu lagi di depan dada. Bernapaslah dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas.

Saat Anda mengembuskan napas, kencangkan otot perut. Buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Jaga agar mengembuskan napas lebih lama dari biasanya, sebelum perlahan menghirup napas lagi. Ulangi sekitar lima menit.

Langkah mudah cara mengatasi sesak napas tersebut bisa Anda lakukan di rumah. Selain mencoba beberapa cara diatas, Anda juga harus menengkan pikiran dan emosi saat napas mulai terasa kurang nyaman atau sesak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *