Cara Mengobati Kardiomegali

Pembesaran jantung atau kardiomegali terjadi saat ukuran jantung Anda melebihi ukuran jantung normal. Pada sebagian kasus, ukuran jantung bisa dikembalikan seperti semula. Namun dalam beberapa kasus jantung tidak akan mengempis kembali pada bentuk awalnya, hanya bisa diperkecil atau sedikit diperbaiki.

Kardiomegali bukanlah suatu penyakit, namun merupakan dampak dari penyakit dan kondisi kesehatan lain. Apabila Anda mengira mengalami kardiomegali, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk mengatasinya.

Ubah Pola Makan

Salah satu cara utama untuk mengurangi efek kardiomegali adalah dengan mengatur pola makan. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh, natrium dan kolesterol. Anda juga sebaiknya menyertakan buah, sayur, daging rendah lemak, dan protein sehat lebih banyak dalam menu makanan.

Usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi ikan, sayuran berdaun hijau, buah dan kacang-kacangan untuk menurunkan kadar kolesterol dan natrium serta menurunkan tekanan darah dan sebaiknya minum 6-8 gelas bervolume 240ml setiap hari.

Berolahraga

Tingkatkan aktivitas fisik dalam keseharian Anda. Dokter mungkin akan menganjurkan aktivitas olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Dokter mungkin akan menyarankan latihan aerobik intensitas ringan seperti berjalan atau berenang jika jantung Anda terlalu lemah untuk bekerja telalu keras.

Dokter mungkin menganjurkan latihan kardio yang lebih sensitif dan latihan kekuatan seperti bersepeda atau berlari setelah tubuh Anda semakin kuat. Kombinasi antara pola makan sehat dengan olahraga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi banyak kondisi penyebab kardiomegali.

Kurangi Kebiasaan Buruk

Ada kebiasaan buruk tertentu yang harus dihindari atau bahkan dihentikan saat Anda terdiagnosis mengalami kadiomegali. Anda harus segera menghentikan kebiasaan merokok karena kebiasaan ini meningkatkan beban jantung dan pembuluh darah.

Hindari konsumsi alkohol dan kafein berlebihan, hal ini karena bisa membuat jantung berdenyut tidak beraturan dan membebani ototnya. Anda harus berusada tidur 8 jam setiap malam untuk membantu mengatur denyut jantung dan memulihkan energi tubuh setiap hari.

Bagi Anda yang menderita hipertensi, sebaiknya mulai sekarang hindari konsumsi gara, dan makanan kemasan yang mengandung natrium. Makanan ini akan membuat tekanan darah melonjak naik dan tak terkendali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *