Langkah Pengobatan Otitis Media

Anda Sedang Mengalami Otitis Media? Ingin Segera Sembuh? Ketahui Langkah Pengobatan Otitis Media Secara Alami & Efektif


Sekilas Mengenai | Penyakit Otitis Media

Otitis Media merupakan infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah, yaitu ruang dibelakang gendang telinga yang memiliki tiga tulang kecil dengan fungsi untuk menangkap getaran dan meneruskannya ke telinga bagian dalam.

Otitis media bisa menyerang siapa saja, namun lebih banyak ditemukan pada anak-anak berusia dibawah 10 tahun dan bayi berusia 6-15 bulan. Sekitar 25% anak-anak mengalami otitis media sebelum berusia 10 tahun.

Gejala Otitis Media

Kemunculan gejala otitis media biasanya terjadi dalam waktu 2-7 hari setelah terjadinya flu atau ISPA, gejala yang dirasakan dapat berupa:

  • Demam
  • Sakit telinga
  • Merasa kelelahan
  • Merasa tidak enak badan
  • Sedikit kehilangan indera pendengaran
  • Keluar cairan dari dalam telinga

Penyebab Otitis Media

Otitis media sebagian besar diawali oleh flu atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Infeksi pada saluran pernapasan atas bisa menyebabkan penumpukan lendir atau mukosa pada bagian tersebut. Karena kondisi ini, tuba eustachius yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan bagian belakang hidung, mengalami penyumbatan dan peradangan.

Tuba eustachius yaitu saluran yang berfungsi untuk menyalurkan udara ke dalam telinga bagian tengah. Pada anak-anak, saluran ini ukurannya lebih sempit dibanding dengan orang dewasa. Oleh sebab itu, penyakit otitis media lebih rentan terjadi pada anak-anak.

Langkah Pengobatan Otitis Media Secara Alami & Efektif


1. Gunakan Cuka Sari Apel

Berdasarkan pengalaman sebagian orang, meskipun tidak didukung bukti ilmiha yang kuat, cuka diduga efektif untuk meredakan infeksi telinga. Encerkan cuka dengan air dalam perbandingan 1:1 kemudian tuangkan ke dalam kanal telinga. Tutup telinga dengan bol kapas atau waslap dan berbaringlah menyamping ke arah sebaliknya. Setelah 5 menit, keluarkan larutan cuka dari dalam telinga dengan cara menekuk kepala.

Anda juga bisa menuangkan 3-4 tetes cuka apel secara langsung ke dalam teliga sakit dengan menggunakan alat suntik, setelah itu berbaring menyamping ke arah sebaliknya selama beberapa menit hingga cuka apel meresap.

2. Gunakan minyak bawang putih atau minyak kelapa

Baik minyak bawang putih maupun minyak kelapa berkhasiatsebagai antibakteri alami dan telah lama digunakan dalam perawatan infeksi rumahan. Minyak bawang putih bisa dibuat dari beberapa siung bawang putih, sedangkan minyak kelapa yang digunakan sebaiknya dihasilkan dari proses ekstraksi dingin dan virgin untuk mendapatkan hasil yang maksiaml.

Untuk menggunakan minyak tersebut, tuangkan 2-3 tetes minyak yang Anda pilih ke dalam telinga yang sakit dan berbaringlah menyamping selama 10 menit ke arah sebaliknya sehingga minyak tidak menetes keluar.

3. Kunyah permen karet xylitol

Xylitol adalah bahan pemanis alami atau pengganti gula. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa xylitol bisa meminimalkan kasus nfeksi telinga karena bisa melawan bakteri yang hidup dan menyebabkan infeksi. Kunyahlah 2 permen karet yang mengandung xylitol 5 kali sehari.

Meskipun xylitol bisa membunuh bakteri penyebab otitis media. Mengunyah terlalu sering bisa meningkatkan potensi sindrom sendi temporomandibular dan memicu erosi gigi akibat kandungan bahan perasa buatan dan pengawet didalamnya.

4. Kurangi asupan produk olahan susu

Meskipun sebagian besar penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa produk olahan susu tidak meningkatkan produksi lendir, dalam suatu penelitian ksus, beberapa orang melaporkan demikian. Peningkatan produksi lendir bisa menyebabkan sumbatan pada saluran eustachius dan meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri.


Itulah beberapa Langkah Pengobatan Otitis Media Secara Alami & Efektif. Dan kami juga merekomendarasikan obat herbal alami untuk otitis media guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan Obat Tradisional Otitis Media dari QnC Jelly Gamat yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan salah satunya penyakit otitis media. Apabila anda ingin tau lebih lanjut tentang obat otitis media secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Otitis Media.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ketik Aja Ya, Gimana??