Obat Rumahan Mengatasi Impetigo

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini sangat mudah menular dan biasanya terjadi pada anak-anak terutama diusia 2 hingga 5 tahun.

Impetigo merupakan infeksi kulit yang sangat mudah menular dan biasanya terjadi pada wajah, leher, lengan dan kaki. Namun tidak perlu kuatir karena banyak pengobatan untuk mengatasi impetigo baik secara medis maupun obat rumahan.

Pengobatan untuk impetigo tergantung pada keparahan kondisinya. Pada beberapa kasus yang masih ringan, impetigo bisa diatasi dengan cara yang alami, berikut Obat rumahan untuk mengatasi impetigo alami.

Cuka Putih

Obat rumahan untuk mengatasi impetigo yang pertama yaitu bisa dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih bisa membantu Anda dalam menghentikan penyebaran infeksi dan mengeringkan daerah yang bermasalah.

Campurkan 1 sendok makan cuka putih ke dalam 2 gelas air hangat, cuci kulit yang terinfeksi dengan larutan ini. Setelah itu tepuk-tepuk kering kulit dan oleskan sale antibiotik yang dijual bebas. Tutupi area dengan kain kasa. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari sampai infeksi hilang.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu pelawan infeksi yang paling efektif dengan sifat antibiotik alami yang membantu dalam membunuh bakteri. Bawang putih juga bisa membantu dalam meringankan rasa gatal dan nyeri.

Panaskan 2 sendok makan minyak wijen dan goreng 2 atau 3 siung bawang putih cincang ke dalamnya. Dinginkan dan saring minyalnya. Oleskan pada derah yang bermasalah sekali atau dua kali dalam sehari sampai gejala mereda.

Lidah Buaya

Lidah buaya sangat efektif dalam menyembuhkan impetigo, hal ini karena mengandung sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik dan zat untuk memperbaiki kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi.

Potong daun lidah buaya segar dan ambil gel di bagian dalam. Oleskan pada kulit yang terkena impetigo dan biarkan setidaknya selama 30 menit. Ulangi kembali 2 sampai 3 kali sehari selama seminggu.

Madu Manuka

Obat rumahan untuk mengatasi impetigo yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan madu manuka. Madu manuka memiliki zat antibakteri, zat anti septik dan sifat penyembuhan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan impetigo. bahan ini juga mempercepat penyembuhan luka pada kulit dan memberikan tambahan extra untuk kekebalan tubuh.

Oleskan madu manuka pada daerah yang bermasalah. Diamkan selama beberapa jam kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari selama gejala masih terasa.

Minyak Pohon Teh

Obat yang stau ini bisa menghentikan penyebaran infeksi bakteri. Minyak essensial ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat yang bisa membantu mlawan infeksi dan meringankan gejala.

  • Tambahkan beberapa tetes minyak pohon tes untuk 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini secara menyuluruh pada daerah yang bermasalah
  • Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini 2 sampai 3 kali sehari sampai gejala mereda

Itulah beberapa obat rumahan untuk mengatasi impetigo alami tanpa efek samping. Selain dengan mencoba cara diatas, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan agar terhindari bakteri.

Selalu Berusaha dan Salam Sehat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *