Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow

Anda Sedang Mengalami Tennis Elbow? Ingin Segera Sembuh? Ketahui Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow Secara Alami


Sekilas Mengenai | Penyakit Tennis Elbow

Tennis elbow merupakan nyeri dan peradangan pada sendi di sisi luar siku. Keadaan ini terjadi karena tekanan yang berlebihan pada otot dan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon) di lengah bawah sekitar siku. Dalam dunia medis tennis elbow disebut juga dengan lateral epicondylitis.

Sendi pada siku dikelilingi oleh sekumpulan otot yang berfungsi menggerakkan siku, pergelangan tangan, dan jari tangan. Jika otot tendon menegang, peradangan dan robekan dapat terjadi di sisi luar siku.

Gejala Tennis Elbow

Gejala utama dari tennis elbow adalah nyeri pada sisi luar siku, yang menjalar hingga ke lengan bawah dan pergelangan tangan. Gejala dapat berlangsung dalam rentang waktu 6 bulan sampai 2 tahun. Kendati demikian, biasanya penderita akan sembuh dalam setahun.

Rasa sakit pada tennis elbow bisa terjadi pada sejumlah aktivitas berikut:

  • Mengangkat, menekuk atau meluruskan lengan
  • Berjabat tangan, menulis atau menggenggam benda berukuran kecil seperti pensil
  • Memutar pergelangan tangan, seperti sata memutar kenop pintu atau membuka tutup stoples

Penyebab Dan Faktor Risiko Tennis Elbow

Tennis elbow dapat disebabkan oleh ketegangan pada otot dan tendon lengan bawah disekitar siku, karena aktivitas berlebihan yang dilakukan secara berulang. Tennis elbow juga bisa terjadi akibat bermain tenis, yang mana lengan bergerak memukul bola secara berulang. Selain itu, keadaan ini juga bisa dipicu oleh:

  • Olahraga seperti bulutangkis, renang atau golf
  • Kegiatan seperti mengecat, menggunting, atau mengetik dalam waktu lama

Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow Ala Rumahan


Tennis Elbow biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Anda hanya perlu mengistirahatkan lengan yang terluka. Untuk mengefejtifkan proses pemulihan Anda juga bisa mengikuti Tips jitu Sembuhkan tennis Elbow ala rumahan berikut ini:

1. Menggunakan Kunyit

Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow yang pertama yaitu dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja sebagai agen anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit alami. Selain itu, kunyit juga kaya akan antioksidan yang mampu menghilangkan radikal bebas dan mempercepat waktu penyembuhan.

Cara menggunakannya cukup mudah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu cangkir sus. Panaskan diatas api kecil. Setelah itu tambahkan sedikit madu dan minum dua kali sehari, selama beberapa minggu.

2. Kulit Pohon Willow Putih

Tips lain yang bisa dijadikan sebagai obat rumahan penyembuh tennis elbow adalah kulit pohon willow putih. Hal ini dipercaya karena tanaman ibi mengandung senyawa salisin yang dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit alami.

Cara menggunakannya dengan menambahkan satu sendok teh kulit pohon willow putih kering ke dalam secangkir air mendidih, tutup dan rendam selama 15 menit. Setelah itu saring dan minum teh tersebut selagi hangat. Minum ramuan tersebut setap hari sampai tennis elbow mulai mereda.

3. Menggunakan Fenugreek

Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan fenugreek. Fenugreek memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, hal ini dpaat mempercepat proses pemulihan tennis elbow.

Giling satu hingga dua sendok makan biji fenugreek bersama dengan susu secukupnya untuk membuat pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut ke bagian yang terkena tennis elbow dan diamkan selama 1 sampai 2 jam. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

4. Memanfatakan Jahe

Jahe dipercaya dapat mengobati penyakit tennis elbow secara alami, hal ini karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu dalam mengurangi gejala dari tennis elbow.

Cara menggunakannya cukup mudah dengan memorong kecil akar jahe dan didihkan ke dalam 2 cangkir air selama 10 menit. Setelah itu saring dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sampai rasa sakit menghilang.

5. Lakukan Pemijatan

Memijat bagian tubuh yang terken atennis elbow dengan meinyak avokad adalah Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow yang sangat efektif. Minyak avokad memberikan pertolongan untuk peradangan dan rasa sakit. Selain itu, memijat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkan nyeri otot.

Oleskan minyak pada derah yang terkena tennis elbow. Lakkan gerakan melingkar kecil-kecil dengan penekanan yang lebih dalam menggunakan jari atau ibu jari dengan menggosokan ibu jari bolak-balik di sekitar tendon yang sakit.


Itulah beberapa Tips Jitu Sembuhkan Tennis Elbow Ala Rumahan yang dapat Anda coba. Dan kami juga merekomendarasikan obat herbal alami untuk Tennis Elbow guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan Obat Tradisional Tennis Elbow dari Walatra Sehat Sendi yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan sendi dan tulang salah satunya penyakit tennis elbow. Apabila anda ingin tau lebih lanjut tentang obat tennis elbow secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Tennis Elbow.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Ketik Aja Ya, Gimana??