Tips Mencegah Floaters

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata. banyak cara sederhana untuk melakukannya. Terutama untuk mencegah terjadinya floaters, ada beberapa langkah mudah untuk mencegah hal tersebut.

Floaters yaitu bayangan benda berukuran kecil hingga besar yang tampak melayang-layang pada penglihatan. Ukuran floaters sendiri bisa bervariasi, mulai dari bintik-bintik hitam kecil hingga bayanagn yang lebih besar seperti bentuk tali panjang.

Floaters yang hanya terjadi sesekali bukanlah hal serius. Maka biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus sebab akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika kadar floaters terasa menggangu penglihatan, maka ada beberapa pilihan tips mencegah floaters pada mata secara alami, diantaranya:

  • Minum Air yang Cukup

Ada saatnya floaters terjadi karena banyak sampah yang menumpuk menjadi racun dalam tubuh, sehingga tubuh harus lebih banyak dibersihkan. Proses pembersihan racun dalam tubuh ini bisa dipercepat dengan meminum air. Dnegan mengonsumsi air yang cukup, selian untuk meluruhan racun, namun juga bisa melembabkan kolagen bening dalam bagian bening pada mata, sehingga bisa mencegah timbulnya floaters yang lebih banyak.

  • Konsumsi Makanan Mengandung Taurin

Tips mencegah floaters secara alami yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung taurin. Taurin diketahui bisa meningkatan kemampuan penglihatan dan menurunkan risiko terjadinya floaters. Makanan yang kaya akan kandungan taurin adalah ikan laut, udang dan tiram.

  • Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Tanaman obat yang stau ini memang sudah dipercaya khasiatnya yang baik untuk kesehatan mata, bahkan tanaman ini juga sangat baik untuk penderita glaukoma. Namun, ginkgo biloba ini masih sulit untuk ditemukan, tapi Anda tak perlu khawatir, karena saat ini banyak ginkgo biloba dalam bentuk kering atau serbuk yang dijual ditoko herbal.

  • Mengonsumsi Minyak Ikan

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu asam lemak omega 3. Lemak sehat ini banyak ditemukan pada daging ikan yang masih segar, terutama pada berbagai jenis ikan laut. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk memberi nutrisi pada tubuh dan juga baik untuk perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Asam lemak omega 3 juga mempunyai kemampuan mencegah terjadinya penyakit mata floaters dan degenerasi makula. Sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi ikan minimal sekali dalam seminggu memiliki 42% lebih kecil terkena gangguan mata daripada mereka yang tidak banyak makan ikan.

  • Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah obat untuk berbagai penyakit atau masalah kesehatan termasuk diantaranya penyakit floaters. Disarankan untuk memperbanyak makan buah dan sayur seperti apel, kiwi, sayuran hijau dan buah berry yang bisa melawan radikal bebas dan efek radiasi yang dapat merusak mata.

Apabila menyadari adanya perubahan yang signifikan, seperti kemunculan floaters yang tiba-tiba, peningkatan jumlah floaters dan munculnya bercak kemerahan atau rasa sakit pada mata, segera lakukan pemeriksaan dengan tepat guna mencegah hal-hal yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *