Tips Menghindari Aneurisma Otak

Aneurisma otak adalah pembesaran pembuluh darah pada otak akibat dinding pembuluh darah yang lemah. Aneurisma yang pecah bisa menyebabkan kematian pada sebagian kasus.

Aneurisma sering kali sulit dideteksi dan sulit juga untuk dicegah. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan guna menurunkan risiko terjadinya aneurisma otak. Berikut Tips menghindari Aneurisma Otak secara aman.

Berhenti Merokok

Selain bisa meningkatkan risiko terkena penyakit emfisema dan kanker paru, merokok juga bisa memperbesar kemungkinan Anda untuk menderita Aneurisma. Mungkin Anda perlu bantuan dokter untuk menemukan program yang tepat agar bisa berhenti merokok. Selain itu, Anda juga perlu menghindari asap rokok lain. Apabila Anda saat ini sudah terkena penyakit aneurisma, hindari ruangan tertutup yang tercemar asap rokok.

Kurangi Asupan Minuman Beralkohol

Tips menghindari aneurisma otak secara aman yang selanjutnya yaitu dengan mengurangi minuman beralkohol. Karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol bisa membuat dinding pembuluh darah Anda melemah sehingga meningkatkan risiko terkena aneurisma.

Diet Sehat

pilih diet yang berisi buah-buahan, sayuran, serealia utuh, daging rendah lemak dan sumber protein selain daging. Jauhi makanan tinggi lemak, kolesterol, natrium dan gula. Makan dalam porsi yang lebih kecil dan kendalikan porsi makan Anda. Pertimbangkan untuk makan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari, ketimbang makan dua atau tiga kali dalam porsi besar.

Olahraga Teratur

Biasakan untuk berlatih olahraga kardio dan peregangan ringan untuk menjaga berat dan bentuk tubuh yang sehat. Olahraga selama paling tidak 30 menit setiap hari bisa membantu Anda menghindari aneurisma atau mencegah aneurisma yang telah terbentuk pecah.

Anda bisa melakukan peregangan ringan di pagi hari sebelum sarapan. Gerakan calisthenics selama 15-20 menit setiap pagi sudah cukup untuk menyiapkan tubuh menghadapi kegiatan lainnya.

Gunakan Obat-obatan dengan Benar

Penyalahgunaan obat, baik obat resep maupun obat lainnya, bisa menyebabkan peradangan pada pembuluh darah dan pembentukan aneurisma. Pecandu kokaina dan amfetamin khususnya sangat rentan terhadap aneurisma otak.

Sebagian dokter menyarakan pasien yang berisiko menderita aneurisma atau pecahnya aneurisma untuk meminum aspirin dosis rendah untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat membuat dindingnya menjadi lemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *