Tips Menyembuhkan Kista Baker

Kista baker adalah kantong berisi cairan yang ada di belakang lutut yang dapat menyebabkan lutut terasa kejang, nyeri atau kaku yang bisa bertambah parah saat anda berjalan atau melakukan aktvitas fisik.

Terkumpulnya cairan sinovial menyebabkan pembengkakan dan benjolan yang membentuk kista dibagian belakan lutut saat lutut mendapatkan tekanan. Berikut ini beberapa tips menyembuhkan kista baker secara aman.

Istirahat Lutut Yang Terkena Kista

Istirahatkan lutut hingga tidak terasa sakit saat mendapatkan tekanan. Perhatikan setiap rasa sakit, terutama yang Anda rasakan disekitar atau dibelakang lutut saat Anda meregangkan atau meluruskan kaki. Istirahatkan lutut sesering mungkin selama minimal satu atau dua hari.

Tempelkan Es Disekitar Kista

Es dapat membantu mengurangi bengkak dan radang di sekitar kista, yang juga akan membantu meredakan sakit. Tempelkan es dilutut selama 15 menit dalam satu waktu.

Hal ini bisa membantu mengurangi bengkak dan nyeri di hari pertama atau kedua setelah terkena kista. Dalam periode ini, Anda bisa menempelkan es pada lutut Anda sesering mungkin. Dan jangan lupa untuk membalut es dengan handuk sebelum ditempelkan.

Gunakan Kompresi

Kompresi bisa membantu mengurangi bengkak di area yang terkena kista dan membantu menstabilkan lutut. Ikatkan perban elastis (ace wrap), plester latihan, pelindung lutut atau selembar kain di sekiar area yang terkena kista. Ikat dengan cukup ketat untuk menstabilkan lutut namun jangan terlalu ketat agar tidak menghambat sirkulasi darah.

Kaki Di Angkat

Anda bisa mengurangi pembengkakan dan mengembalikan aliran darah ke jantung dengan meninggikan posisi kaki. Jika Anda tidak mampu mengangkat kaki yang terkena kista, usahakan agar kaku Anda minimal tetap sejajar dengan lantai. Cobalah untuk mengganjal kaki dengan bantal saat Anda tidur agar posisinya tetap terangkat.

Minumlah Obat Pereda Nyeri

Anda bisa meminum obat antiinflamasi nonsteroid (AINS) untuk membantu meredakan bengkak dan nyeri. Ikuti dosisi yang ada dikemasannya dan minumlah sesuai asupan harian yang diperbolehkan. Minumlah obat tersebut dengan makanan dan air putih.

Jika Mengalami obesotas, sebaiknya Anda menyembuhkan kista terlebih dahulu sebelum berupaya menurunkan berat badan, karena obesitas dapat memperbesar tekakan pada lutut dan memperparah kondisi Anda. Itulah beberapa tips menyembuhkan kista baker secara aman.

Semoga Cepat Sembuh dan Salam Sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *